Jumat, 28 April 2023

"Nikmati saja."

Menurunkan harapan untuk hal-hal yang dianggap penting itu perlu. Aku kembali diingatkan akan hal itu setelah tim sepak bola kesayanganku semakin kecil peluangnya untuk jadi juara musim ini. Sebenarnya ini memang tidak terlalu penting, sih. Jadi juara ataupun tidak, mereka tidak kenal aku. Jadi apa untungnya buat mereka kalau tahu aku mendukung mereka? Ini hanya sebuah simbiosis komensalisme.

Oke, kembali ke topik. Harapan membuat manusia tegerak. Dalam konteks ini, manusia akan melakukan banyak hal agar harapan mereka bisa tercapai. Sampai sering kali lupa untuk menikmati proses.

Saat masih sekolah dulu, aku punya cita-cita jadi astrophysicist. Katakanlah seperti Neil deGrasse Tyson. — Walaupun dulu aku belum tahu siapa dia.

Sekarang, aku punya angan-angan untuk menjadi penulis novel. Salah satu alasan aku membuat blog ini adalah untuk membiasakan diriku untuk menulis. Tapi sering kali aku sangat terpaku untuk menyelesaikan cerita yang aku tulis tanpa menikmati proses menulis itu sendiri. Mungkin itu yang membuatku angin-anginan dalam menulis.

Jika aku tarik kembali ke klub sepak bola kesayanganku, aku menaruh harapan terlalu tinggi untuk mereka menjuarai liga. Hingga aku lupa bahwa yang mereka capai sudah jauh melampaui dari yang diperkirakan orang-orang.

Aku terlalu sering berharap bisa menyelesaikan sesuatu dengan sempurna hingga mungkin mengabaikan banyak hal yang aku capai dalam prosesnya. 

Tapi belum lama ini, aku menemukan sebuah perkataan dari Tom Segura, seorang komedian:
"Selama kamu bisa menerima bahwa kenyataan mungkin tidak berjalan sesuai dengan yang kamu impikan, kamu akan tetap merasa senang dengan proses yang kamu jalani dalam mengejar impianmu itu. Jadi tetaplah kejar impianmu itu. Karena jika tidak, untuk apa kamu hidup?"

Entah apa impianku jadi seorang penulis akan terwujud. Yang pasti, aku akan mencoba untuk menikmati prosesnya.

– Io


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda